Istanbul – Part 2

Hagia Sophia

29886343-dsc_7559copy

Hagia Sophia bermaksud kebijaksanaan yang suci dalam bahasa Turki. Aya Sofya adalah adalah antara landmark utama kota Istanbul selain Blue Mosque, bangunan megah yang sangat wajib dikunjungi, salah satu harta warisan penting dunia yang sudah berusia ribuan tahun dan memiliki sejarah masa lalu yang melibatkan dua agama iaitu Kristian dan Islam. Yang membuat lebih menarik, disamping usia dan sejarahnya yang sangat panjang, keindahan senibinanya yang sangat halus.

Hagia1 Collage

Terletak berhadapan dengan Blue Mosque, di Ayasofya Meydani kawasan Sultanahmet dipisahkan dengan sebuah taman. Untuk masuk ke Hagia Sophia harga tiket masuknya adalah 25 Lira, dinasihatkan pergi awal untuk mengelak dari beratur panjang lebih-lebih lagi waktu peak season. Ditutup setiap Isnin.

Di belakang bangunan Hagia Sophia terdapat makam-makam atau mausoleum yang boleh dilawat secara percuma. Di sini tempat makam para Sultan beserta keluarganya, antaranya Sultan Murad III, Sultan Mehmet III, Sultan SelimII

Sejarah Hagia Sofya

Sebelum penaklukan Uthmaniah, Istanbul dikenali sebagai Konstantinopel. Ribuan tahun terdahulu kota ini mula dibangunkan oleh lagenda Yunani yang bernama Byzas, nama negara Byzantium diambil bersempena dengan nama beliau. Pada tahun 324 Kaisar Konstantin memindahkan ibukota Romawi Timur ke kota ini dan sejak itu namanya diubah menjadi Konstantinopel dan negaranya disebut dengan Byzantium.

Konstantinopel sering disebut sebagai New Rome, kota yang menjadi pusat perdagangan empayar Rome timur ketika itu.

Sebagai ibukota imperium terbesar pada zaman nya, wilayah Byzantine dihuni berbagai etni bangsa dan didominasi oleh etni Yunani beragama Kristien. Kaisar Byzantium telah membina banyak gereja-geraja dan katedral dalam usaha mereka mengembangkan syiar Kristien sekali gus memperkukuhkan kehadiran mereka di wilayah tersebut dan yang paling mewah dan terbesar adalah Hagia Sophia yang digelar Holy Wisdom Church.

Hagia Sofya2 Collage

Gereja tiga tingkat ini dibina oleh Kaisar Justinian hanya dalam jangka masa yang sangat singkat iaitu 6 tahun, siap pada tahun 537. Dan tidak satupun bangunan yang dapat menandingi keluasan dan ketinggian kubahnya sehinggalah terbinanya Blue Mosque pada abad ke 16. Bermakna Hagia Sofya telah ujud kira-kira 1500 tahun sebelum Blue Mosque dibina. Betapa lamanya usia Hagia Sofya ini.

Hagia Sophia waktu itu dihiasi dengan emas, bertahtakan permata pada dindingnya, ratusan lukisan mozaik dan hasil karya seni lainnya menambah indah bangunan tersebut dan membuat orang yang berada di dalamnya bagaikan dkelilingi kemerlapan bintang-bintang . Sebuah masterpiece yang cukup memukau pandangan dan mulut ternganga menyaksikan keindahannya. Ini telah digambarkan oleh seorang bangsa Rusia yang mengunjunginya. “ Kami tidak tahu apakah kami berada di surga atau di dunia. Tidak pernah ada keindahan semacam ini di dunia dan kami kehilangan kata untuk menggambarkannya. Kami hanya mengetahui bahwa seolah Tuhan berjalan di sini bersama kami.”

Hagia Sofya2

Hagia Sophia telah berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun, hampir seribu tahun lamanya.

Pada hari Selasa, tanggal 29 Mei 1453, serangan besar-besaran yang dilakukan oleh Sultan Mehmed II atau Muhammad Al Fatih yang digerakkan dari Edirne yang bermula sejak 23 March 1453 pada hari Jumat, akhirnya berjaya menembusi tembok kebal kota Konstantinopel maka jatuhlah pertahanan kota pada hari itu, setelah turunnya pasukan Yeniseri.

Dengan tumbangnya Kekaisaran Byzantium, penaklukan kota Konstantinopel menjadi titik awal penaklukan Uthmaniyah keatas Konstantinopal, kota yang diagungkan seluruh dunia pada masa itu, dan seterusnya menjadi simbol penaklukan Barat oleh kuasa dari Timur.

Setelah turun dari kudanya dan bersujud syukur kepada Allah SWT, Sultan Mehmed II pun menunggang kudanya menuju ke gereja Hagia Sophia, bangunan paling luas dan landmark paling tersohor di dunia pada masa itu. Sultan mendekati pintu gereja, dan meminta padri menenangkan penduduk dan kembali ke rumahnya masing-masing dengan jaminan darinya bahawa mereka tidak akan di apa-apakan dan mereka boleh meneruskan amalan agama mereka.

101147556.cP6mUbU9.BuhIstSep06389

Hagia Sophia dengan kubahnya yang megah besar dan tinggi, dengan jendela-jendela di atasnya melantunkan cahaya keemasan masuk ke dalam, memancarkan kharisma mistik yang tidak dimiliki bangunan manapun di Konstantinopel. Hagia Sophia bangunan paling agung pada zamannya. Sultan memutuskan agar Hagia Sophia menjadi masjid , dan seketika azan mulai dikumandangkan di Hagia Sophia. Dan semenjak itu azan selalu dikumandangkan di langit Konstantinopal.

Setiap lukisan di dindingnya yang berunsur dakyah Kristien ditutup dengan hiasan ayat-ayat Al Qur’an, patung-patung makhluk hidup dikeluarkan, dan dibersihkan untuk persiapan solat. Pada hari Jumat pertama tanggal 1 June 1453, shalat Jumat pertama diadakan di Hagia Sophia. Pada tanggal itu Sultan juga memberi jaminan kapada Paderi Kristen Ortodoks yaitu kepala pendeta kepala yang mengurus urusan-urusan agama Kristen, yaitu Gennadius Scholarius. Umat Kristen diberi kesempatan seluas-luasnya untuk menjalankan ibadah di rumah-rumah ibadah mereka.

Setelah penaklukan Konstantinopel, empayar Uthmaniyah menjadikan nya ibu kota. Nama Konstantinopel diubah menjadi Istanbul (Kota Islam). Sultan Muhamad Al Fateh membangunkan Konstantinopel dan mengembalikan nya sebagai pusat peradaban dan menjadikannya kota termegah di dunia. Baginda mengarahkan supaya kota Istanbul dihias dengan taman-taman yang dialiri air, masjid-masjid, tempat pemandian, dan juga Kapali Carsi atau Grand Bazaar, sebagai pasar pusat yang menampung ribuan pedagang. Pada tahun 1459 baginda juga memerintahkan untuk membina sebuah bangunan istana, di lokasi yang paling hampir ke lautan, istana yang dikenali sebagai Topkapi.

Hagia Sophia berfungsi sebagai masjid selama 482 tahun, hampir lima ratus tahun lamanya. Secara totalnya bangunan ini sebagai tempat ibadah sebagai gereja dan masjid hampir selama 1400 tahun lamanya, meskipun beberapa kali diperbaiki.

Pada tahun 1935 ketika Turki menjadi Republik, presiden pertamanya Mustafa Kemal Ataturk, memerintahkan untuk mengubah Hagia Sophia menjadi sebuah museum. Mulailah pembongkaran Hagia Sophia, dengan menampakkan kembali simbol lukisan-lukisan sakral kristian, seperti yang dapat kita lihat saat ini. Dimana ada dua simbol agama Islam dan Kristen dalam bangunan ini.

Mengingat usianya, kekayaan sejarahnya dan juga keindahan senibinanya, pada tahun 1985, diwartakan oleh UNESCO sebagai World Heritage Site.

148366905.oqAjq0zz

Di langit-langit terlihat lukisan dari potongan mozaik merupakan ilustrasi gambar nabi Isa, Bunda Maria dan malaikat bersayap (bisa dibayangkan, bagaimana kesulitan menyusun bentuk dan warnanya, hingga menjadi gambar yang utuh). Dari ribuan atau jutaan kepingan mozaik ini terbentuk berbagai gambar khas abad ke enam.

Hmm, mungkin saja sebagian adalah sudah hasil restorasi, tapi yang aslinya adalah sudah hampir berusia 1400 tahun! Buat saya, ini adalah peninggalan yang mengagumkan. Bagaimana di zaman itu sudah menghasilkan karya yang sedemikian rupa?Dalam hitungan ribuan tahun, bukan hanya ratusan tahun.

 

Selain ornament lukisan yang menunjukkan bahwa bangunan ini adalah gereja, juga terdapat tulisan kaligrafi Allah SWT dan nabi Muhammad SAW, serta para sahabatnya. Serta sebuah tempat untuk azan, sebuah mimbar, dan tempat imam untuk memimpin shalat. Dan juga tempat air seperti pasu dari marmar untuk berwudhu.

Di tingkat dua, ada sebuah galeri di mana banyak foto dan gambar-gambar. Di lantai dua ini banyak lukisan simbol-simbol agama Kristian. Ada juga lukisan Kaisar Constantine dan istrinya yang mengapit bunda Maria.

Di bagian sisi luar ruang utama, terdapat juga tempat penjualan cendramata, selain beberapa gambar dan video yang menjelaskan tentang sejarah Hagia Sophia. Saat keluar dari bangunan megah ini, di bagian luarnya terdapat lagi kedai cenderamata, serta makanan dan minuman.

Hagia Sofya6

Kami keluar museum Hagia Sophia ini dengan sebuah kenangan yang sulit untuk dilupakan dan telah menelusuri jejak peninggalan masa ribuan tahun lalu dengan kisah sejarah panjang di balik bangunan megah ini

Part 1   |   Part 3